Bagi sebagian orang, pekerjaan mengelola data adalah hal yang rumit dan merepotkan.
Terlebih lagi jika data yang dikelola adalah Master data yang sangat besar dan sensitif sehingga diperlukan ketelitian yang cukup tinggi dalam menuliskan atau mengubah isi data tersebut.
Bagi seseorang yang lebih menyukai menggunakan program aplikasi Excel untuk menyimpan data sebagai database.
Mungkin kerap mengalami kesalahan input data di sel-sel worksheet yang misalnya disebabkan karena keliru mencatat data pada sel atau kolom tertentu yang bukan pada tempatnya.
Hal ini sebenarnya bisa kita hindari jika kita lebih baik dalam mengelola work sheet tersebut.
Membuat Database Excel
Dalam melakukan aktivitas pengisian data ke dalam suatu Table di Excel, Mungkin kamu lebih suka form entri data untuk mempermudah pengisian jika dibandingkan dengan mengisi tabel secara mendatar atau horizontal di worksheet aplikasi Excel.
Apabila kamu ingin mengetahui tahapan cara buat database di Excel menggunakan form entri data pada suatu Table Excel, berikut ini uraian selengkapnya untuk mendapatkan fitur Excel tersebut.
Cara Membuat Database di Excel memakai Form Entri Data
Langkah Pertama: Membuat Table Database
Sebelum kamu menggunakan fitur form input data ini, terlebih dahulu kamu harus menentukan jumlah kolom tabel yang akan digunakan.
Contohnya seperti: jika kamu ingin membuat 10 kolom isian, maka yang kamu blok atau sorot adalah kolom A hingga kolom J, kemudian Tampilkan kotak dialog ‘Create Table’ dengan cara memilih menu ribbon:
“Insert>Tables>Table”
Lalu silahkan klik ‘OK’. Berikutnya kamu tinggal mengubah tulisan ‘Column1’ dan seterusnya sesuai dengan judul masing-masing kolom milikmu.
Langkah Kedua: Menampilkan Icon Form
Pada awalnya menu perintah Form ini tidak ditampilkan pada menu di bagian sudut kiri atas (menu Ribbon).
Sehingga perintah Form harus dibuatkan pintasan pada Quick Acces Toolbar, untuk dapat menampilkan nya ikuti langkah berikut ini:

1. Klik tanda panah kecil pada menu Ribbon kemudian pilih ‘More Commands…’ seperti yang bisa dilihat dari gambar di bawah.

Lalu akan tampil kotak dialog ‘Excel Options’ yang menyorot menu ‘Quick Access Toolbar’.

2. Di menu drop-down di bawah tulisan ‘Choose commands from’, pilih ‘Commands Not in the Ribbon’, temukan dan pilih menu ‘Form…’ pada kotak daftar yang terletak di bagian sebelah kiri.

Lalu klik tombol ‘Add >>’, maka menu ‘Form…’ tersebut tampil di kotak daftar yang terletak di bagian sebelah kanan.
3. Klik ‘OK’ dan icon sudah berhasil diaktifkan (bisa dilihat dari gambar di bawah ini)

Setelah kamu menjalankan langkah tersebut diatas, ketika menu icon Form kamu klik, maka form entri data ditampilkan dengan isian sesuai judul kolom tabel yang kamu buat sebelumnya.
Cara Mencari Data dalam Table Excel menggunakan Form Entri Data
Melalui kotak dialog form ini, kamu tidak hanya bisa membuat entri data saja.
Namun bisa juga mengedit data yang sudah tercatat pada daftar, menghapus data, dan juga bisa mencari, dan menampilkan data sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan.
Adapun untuk melakukan pemilihan data menurut kriteria tersebut, contohnya adalah apabila kamu ingin menampilkan data dengan nama yang berawalan huruf ‘K’ saja.
Maka terlebih dahulu kamu klik ‘Criteria’ Kemudian pada isian Nama ketik huruf K lalu kamu dapat mengklik tombol ‘Find Next’ atau ‘Find Prev’ untuk menampilkan data khusus yang telah terpilih.

Cara Mengedit Data dalam Table Excel menggunakan Form Entri Data
Untuk mencari atau menghapus entri tertentu pada tabel Excel melalui tombol Form, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mengedit data pada Table Excel seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Meskipun menu perintah form ini terkesan disembunyikan dari menu ribbon atau menu klik kanan Excel dan hanya bisa berfungsi pada suatu tabel Excel saja.
Namun menu perintah form input data tersebut dapat membuat aktivitas entri data menjadi jauh lebih efisien untuk diatasi. Sekian dulu pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat ya.