0

10 Gambar Pahlawan Nasional Hitam Putih

Share

Pahlawan Nasional merupakan gelar yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada orang-orang yang telah berjasa dalam memperjuangkan negara Indonesia. Melalui gambar pahlawan nasional hitam putih, seluruh rakyat Indonesia bisa mengenang dan meneladani jasa-jasa mereka sepanjang masa.

Ada banyak nama pahlawan Nasional Indonesia yang perlu Anda kenal, karena tanpa jasa para pahlawan ini mungkin Indonesia masih menjadi bangsa yang terjajah. Yuk, simak siapa saja nama pahlawan nasional yang sudah berkontribusi dalam memperjuangkan Indonesia dari para penjajah.

Gambar Pahlawan Nasional Hitam Putih

Di sini akan dibahas 10 gambar pahlawan Nasional hitam putih. Anda akan mengenal biografi singkat tentang sepuluh pahlawan Nasional bangsa Indonesia.

1. Ki Hajar Dewantara

Foto Ki Hajar Dewantoro hitam putih
Foto Ki Hajar Dewantoro hitam putih

Ki Hajar Dewantara atau sebelumnya bernama Mas Soewardi Soerjaningrat  lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889 dan meninggal dunia lada 26 April 1959. Beliau adalah seorang pahlawan Nasional Indonesia, aktivis pergerakan Kemerdekaan Indonesia, politisi dan seorang pelopor dalam bidang pendidikan kaum pribumi di masa penjajahan.

Ki Hajar Dewantara adalah pendiri Perguruan Tinggi Taman Siswa di Yogyakarta. Lembaga Pendidikan ini didirikan untuk memberi kesempatan bagi masyarakat pribumi agar bisa mendapatkan hak pendidikan yang sama seperti para bangsawan dan orang-orang Belanda.

2. Ahmad Yani

Foto Ahmad Yani Hitam Putih
Foto Ahmad Yani Hitam Putih

Gambar pahlawan Nasional hitam putih yang kedua adalah Ahmad Yani. Beliau lahir di Jenar, Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922. Ahmad Yani mengawali karier militer dengan pangkat Sersan dengan mengikuti pendidikan militer di Dinas Topografi Militer.

Pahlawan Nasional ini berhasil menyita senjata Jepang di Magelang. Ia diangkat menjadi Komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Purwokerto setelah TKR terbentuk. Ia juga mengomandoi penumpasan pemberontakan PRRI. Jendral Ahmad Yani diangkat sebagai Panglima Angkatan Darat pada 1962. Pada 10 Oktober 1965, ia gugur sebagai pahlawan Revolusi.

3. Ir Soekarno

Foto ir soekarno hitam putih
Foto ir soekarno hitam putih

Ir Soekarno adalah pahlawan Nasional RI yang lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya. Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia dan seorang tokoh proklamator kemerdekaan. Ia juga orang yang mengusulkan dasar negara Pancasila dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.

Rumusan Pancasila tersebut diterima sebagai dasar negara Indonesia serta dicantumkan di dalam pembukaan UUD 45. Soekarno memiliki jiwa patriotik dan politikus yang sangat cerdas. Selain itu, ia juga terkenal sebagai orator yang handal.

4. Jendral Soedirman

Foto Jendral Soedirman Hitam putih
Foto Jendral Soedirman Hitam putih

Gambar pahlawan Nasional hitam putih berikutnya, yaitu Jendral Soedirman seorang jendral besar TNI Anumerta Soedirman. Ia berperan besar dalam perang gerilya dan serangan pada 1 Maret 1949.

Pada 18 Desember 1948, Jendral Ahmad Yani diangkat sebagai panglima besar. Saat itu  Belanda melancarkan agresi militer II untuk bisa menduduki kota Yogyakarta. Namun, beliau beserta kelompok kecil tentara dan dokter pribadi melakukan gerilya ke arah Selatan selama tujuh bulan.

Jendral Sudirman juga melakukan serangkaian kegiatan militer di pulau Jawa, di antaranya serangan 1 Maret 1949 di Yogyakarta yang dipimpin oleh Ir Soeharto. Jendral Sudirman wafat di usia 34 tahun pada 29 Januari 1950.

5. KH. Ahmad Dahlan

Foto KH Ahmad Dahlan Hitam Putih
Foto KH Ahmad Dahlan Hitam Putih

Gambar Pahlawan Nasional hitam putih ini adalah KH. Ahmad Dahlan atau nama aslinya Muhammad Darwis. Beliau adalah pahlawan nasional Indonesia yang turut menjadi pendiri ormas Islam Muhammadiyah.

KH. Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta pada 1 Agustus 1868, putra keempat dari tujuh bersaudara keluarga KH. Abu Bakar. Beliau melakukan pembaharuan dalam berpikir dan beramal sesuai dengan tuntunan Agama Islam melalui organisasi Muhammadiyah yang ia dirikan di Kauman, Yogyakarta.

KH. Ahmad berusaha mengajak umat Islam untuk hidup sesuai dengan ajaran dan tuntunan Al-Quran dan Hadis. Beliau wafat saat berusia 54 tahun pada 23 Februari 1923.

6. Mohammad Hatta

foto mohammad hatta hitam putih
foto mohammad hatta hitam putih

Mohammad Hatta atau sering dipanggil dengan sebutan Bung Hatta adalah seorang wakil presiden pertama Indonesia dan tokoh proklamator. Pahlawan Nasional ini lahir di Bukit Tinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902.

Selain sebagai pejuang bangsa, Mohammad Hatta juga seorang negarawan dan ekonom handal. Ia memiliki peran penting dalam kemerdekaan Negara Republik Indonesia dari penjajahan Belanda dan memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

7. Pangeran Diponegoro

Foto Pangeran Diponegoro Hitam Putih
Foto Pangeran Diponegoro Hitam Putih

Gambar pahlawan Nasional Hitam Putih selanjutnya, yaitu Pangeran Diponegoro yang merupakan pahlawan keturunan Keraton Yogyakarta. Pada tahun 1825 sampai 1830 beliau mengajak rakyat Indonesia untuk melawan pemerintahan Belanda.

Putra pertama dari Sultan Hamengkubuwono III ini lahir di Yogyakarta pada 25 November 1785 dan wafat di Makassar pada Januari 1855. Beliau mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional pada 6 November 1973, dan kini nama Diponegoro diabadikan menjadi nama jalan, nama stadion dan Universitas.

8. Laksamana Mala

Foto Laksamana Malahayati Hitam Putih
Foto Laksamana Malahayati Hitam Putih

Laksamana Mala Hayati adalah laksamana laut wanita pertama di dunia. Pahlawan Nasional yang berasal dari Kesultanan Aceh ini merupakan panglima perang yang sangat masyhur. Karena keberaniannya melawan armada laut Belanda dan Portugis pada abad ke-16.

Selain cakap di medan perang, ia juga ahli dalam bernegosiasi dan melakukan perundingan. Mala Hayati juga salah satu orang yang menerima Lancaster atau duta utusan Ratu Elizabeth 1 di Inggris. Ia lahir pada 1550 dan wafat pada 1615, kemudian dimakamkan di Desa Lamreh, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar.

9. Pangeran Antasari

Pangeran Antasari Hitam Putih
Pangeran Antasari Hitam Putih

Gambar pahlawan Nasional hitam putih ini adalah Pangeran Antasari, yakni seorang pejuang yang lahir di Banjar pada tahun 1797. Sewaktu muda, Pangeran Antasari memiliki nama Gusti Inu Kartapati. Ia turut berjuang dalam melawan penjajahan Belanda di Banjar, Kalimantan Selatan.

Pada 14 Maret 1862, Pangeran Antasari diangkat sebagai Sultan Banjar dan menyandang gelar “Penambahan Amirudin Mukminin” atau pemimpin pemerintahan, panglima perang dan pemuka agama tinggi. Beliau wafat pada 11 Oktober 1862 di Tanah kampung Bayan Begok, Sampirang.

10. R.A Kartini

Foto RA Kartini Hitam Putih
Foto RA Kartini Hitam Putih

Gambar pahlawan nasional hitam putih yang terakhir, yaitu Raden Ajeng Kartini. Ia adalah seorang perempuan ningrat yang mempunyai pemikiran yang moderat. Sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk memperjuangkan kesetaraan gender bagi kaum wanita.

Pahlawan perempuan ini lahir di Jepara pada 21 April 1879. R.A Kartini memulai perjuangannya dengan mendirikan sekolah Kartini pada tahun 1912 di Semarang. Ia berupaya untuk mengubah paradigma masyarakat Indonesia terhadap gender.

R.A Kartini menikah dengan Bupati Rembang Singgih Djojo Adhiningrat pada 12 November 1903. Setelah menikah, ia hijrah ke Rembang dan diberikan kebebasan untuk mendirikan sekolah bagi para wanita di daerah kompleknya.

Bangunan tersebut sekarang menjadi Gedung Pramuka. R.A Kartini meninggal pada 17 September 1879 pada usia 25 tahun. Hari kelahiran beliau pun dikenang sebagai Hari Kartini.

Itulah 10 gambar pahlawan Nasional hitam putih yang patut dijadikan sebagai pengingat jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan negara Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya Anda mengenal dan mengenang para pahlawan nasional Indonesia. Tanpa perjuangan mereka Indonesia tidak akan dapat meraih kemerdekaan.