0

Cara Tergampang Dan Tercepat Transfer GoPay Ke OVO

Share

Salah satu metode pembayaran digital saat ini adalah transfer GoPay ke OVO. Di Indonesia sendiri beberapa dompet digital tersedia. Namun terpopuler GoPay dan OVO. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

GoPay dan OVO mempunyai basic pelanggan masing-masing. Penggunaan dompet digital ini memang berdasarkan preferensi masing-masing individu. Selain itu ditentukan juga oleh kebutuhan setiap orang.

GoPay saat ini telah bekerjasama dengan ratusan merchant sehingga memang sangat mudah melakukan proses pembayaran. Ditambah berbagai keuntungan lainnya yang didapat jika menggunakan saldo GoPay.

OVO juga tidak kalah kuat posisinya dengan kepopulerannya yang tentunya diimbangi dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada konsumennya.

Sekilas Tentang GoPay

Sekilas Tentang GoPay
Sekilas Tentang GoPay

GoPay merupakan dompet digital terpopuler di Indonesia selain OVO. Kepopuleran ini tentu dapat dimaklumi, dengan kata lain fitur yang diberikan memang sangat baik dan cukup lengkap..

GoPay saat ini telah bekerjasama dengan ratusan merchant yang tersebar di berbagai tempat di berbagai tempat. Berbagai diskon serta promo ditawarkan. Adanya cashback juga menjadi daya tarik tersendiri.

GoPay dapat digunakan lintas platform seperti marketplace dan kerjasamanya dengan salah satu bank digital yang sedang berkembang saat ini. Fasilitas yang ditawarkan cukup memudahkan para penggunanya.

Selain itu aneka fitur Andalan juga disematkan ke dalam aplikasi GoPay. Contohnya GoMart, GoClean, GoPulsa, GoCar, GoRide dan sebagainya. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Kemudahan untuk top up saldo juga menjadi salah satu alasan pengguna memilih GoPay. Asyiknya lagi, GoPay dapat digunakan untuk menarik saldo ATM bahkan tanpa kartu di mana saja.

Mungkin ini juga yang menjadikannya sebagai satu dari dua dompet digital terpopuler di Indonesia. Bukan itu saja, cara menggunakannya pun sangat mudah bahkan untuk yang awam sekalipun. 

Kepopuleran ini pun tidak terlepas dari sistem pengamanan yang diberikan oleh pengembang aplikasi ini. Umpama terjadi kehilangan pun, saldo GoPay tidak akan hilang. Sangat menenangkan hati.

Ratusan merchant yang bekerjasama dengan GoPay rupanya tersebar di ratusan ribu tempat. Tentu saja sangat memudahkan transaksi para pengguna GoPay dimanapun dan kapanpun.

Cara Mendaftar Dan Memiliki Akun GoPay 

Carilah aplikasi Gojek pada Google Play Store. Unduh aplikasinya dan setelah terinstall, buka aplikasi GoPay, kemudian isilah data-data yang diminta oleh aplikasi.

Untuk dapat menggunakannya dengan lebih banyak fitur serta keuntungan, Anda harus memverifikasi akun. Untuk dapat menggunakan dan memiliki saldo lebih banyak maka upgrade ke GoPay plus.

Sekilas Tentang OVO

Sekilas Tentang OVO
Sekilas Tentang OVO

OVO merupakan salah satu dompet digital yang tentunya dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Pada aplikasi OVO dapat ditemukan dua dompet penyimpanan

Dua dompet penyimpanan itu adalah OVO cash dan OVO points. Keduanya memiliki kegunaan yang tidak sama. Cash digunakan untuk pembayaran pada merchant rekanan OVO.

Bagaimana dengan OVO point? Ini adalah jumlah saldo yang ditambahkan pada tempat penyimpanan sebagai reward setelah konsumen melakukan transaksi pembayaran di aplikasi ini.

OVO point juga dapat dilakukan untuk pembayaran. Satu informasi penting mengenai OVO adalah metode pembayaran telah diakui oleh Bank Indonesia. Sistem keaman pun sudah bagus. 

Cara Mendaftar Dan Memiliki Akun OVO

Memang aplikasi OVO cukup memudahkan para penggunanya. Untuk yang belum memiliki akun, maka yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi OVO dari Google Play Store.

Setelah di download, maka aplikasi akan terinstall di HP. Buka aplikasi dan isilah data-data diri yang diperlukan. Anda akan diminta untuk mengisi nama, nomor telepon, dan alamat email.

Selanjutnya akun Anda telah siap digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai merchant rekanan OVO. Tentunya selain terdapat banyak kelebihan, pasti ada kekurangannya juga. 

Namun selagi kekurangan aplikasi ini tidak merugikan pengguna, maka silahkan lanjutkan menggunakannya karena memang terbukti bagi sebagian orang sangat bermanfaat.

Tidak heran jika saat ini cukup banyak masyarakat yang memiliki kedua aplikasi ini dan memilih untuk menggunakannya sehari-hari. 

Disebabkan oleh kebutuhan yang berbeda-beda, maka para pengguna yang memiliki saldo di kedua dompet digital ini, seringkali perlu memindahkan dana dari GoPay ke OVO atau sebaliknya.

Apakah proses transfer GoPay ke OVO mudah dilakukan? Apa saja syarat-syaratnya? Bagaimana caranya, berapa lama proses transfer memakan waktu, dan diproses sampai beres?

Untungnya transfer GoPay ke OVO adalah proses yang sangat mudah dilakukan. Begitu pula sebaliknya, transfer saldo dari OVO ke GoPay pun tidak kalah mudahnya. 

Catatan pertama yang perlu diperhatikan untuk melakukan proses transfer GoPay ke OVO adalah kedua dompet digital ini harus sudah di-upgrade ke versi premium.

Untuk GoPay sendiri versi premiumnya disebut dengan GoPay Plus sedangkan versi premium dari OVO adalah OVO Premier. Keduanya dapat diupgrade dengan mudah tanpa biaya sepeserpun.

Cara Mengupgrade Akun GoPay Ke GoPay Plus

Cara Mengupgrade Akun GoPay Ke GoPay Plus
Cara Mengupgrade Akun GoPay Ke GoPay Plus

Anda dapat dengan sangat mudah mengupgrade dari akun biasa ke akun GoPay Plus. Beda di keduanya adalah Anda dapat memiliki saldo sampai 10 juta.

Sedangkan pada akun GoPay biasa dalam artian belum upgrade ke premium maka Anda hanya dapat memiliki saldo maksimal 2 juta rupiah saja.

Perhatikan secara detail upgrade akun ke GoPay Plus agar dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal. 

  • Buka aplikasi Gojek (GoPay) yang telah terinstall
  • Ketuk “Explore“ pada bagian atas, letaknya di sebelah “Top Up”
  • Anda dapat melihat menu pengaturan
  • Apabila akun Anda sudah terupgrade ke Google Plus, maka tidak akan ada banner bertuliskan upgrade akun Anda ke akun GoPay Plus.

Bila belum, maka Anda akan dapat melihat banner tersebut. Lalu Anda dapat mengklik banner itu untuk meneruskan proses selanjutnya. Kemudian klik pilihan GoPay Plus dan lanjutkan dengan “Upgrade Now”.

Lebih lanjut Anda akan diminta untuk mengupload foto diri dan kartu pengenal Anda. Kartu pengenal itu dapat berupa KTP, SIM maupun paspor. Begini caranya:

  • Upload foto selfie sambil memegang ID Card. Tempatkan dengan tepat ke dalam bingkai yang telah disediakan.
  • Jika berkas sudah selesai di upload maka Anda tinggal menunggu sampai GoPay memproses permintaan Anda.
  • Untuk memastikan apakah akun GoPay Anda telah berhasil upgrade ke versi premium, maka Anda dapat mengunjungi opsi pengaturan yang terdapat pada menu “Explore”
  • Jika akun telah terverifikasi menjadi GoPay plus maka akan terlihat tulisan berwarna hijau “Accepted” di samping tulisan GoPay Plus

Proses verifikasi menjadi akun GoPay plus memakan waktu 1×24 jam. Namun banyak juga yang terverifikasi hanya dalam hitungan menit saja.

Untuk proses mengupgrade dari akun biasa ke akun GoPay plus ikuti langkah-langkah yang telah disebutkan dengan sangat hati-hati. Tentunya agar proses ini berjalan dengan lancar.

Sebagai informasi, tidak semua akun dapat terverifikasi menjadi akun GoPay Plus. Ada beberapa sebab yang menyebabkan gagalnya verifikasi ke akun GoPay Plus.

Contohnya adalah gambar selfie buram, wajah tertutup oleh ID Card, ID Card sudah rusak, kadaluarsa, atau mungkin akun tersebut sudah digunakan untuk mendaftar sebelumnya. 

Jika akun sudah terupgrade menjadi GoPay Plus, maka Anda dapat mencairkan saldo GoPay di ATM BCA. Saldo GoPay juga dapat ditransfer ke rekening bank. 

Cara Mengupgrade Akun OVO Ke OVO Premier

Cara Mengupgrade Akun OVO Ke OVO Premier
Cara Mengupgrade Akun OVO Ke OVO Premier

Di bawah ini adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas serta fasilitas pelayanan OVO yaitu OVO Premier:

  • Setelah aplikasi Anda unduh maka Bukalah aplikasi OVO kemudian untuk keperluan login Anda harus masukkan security code
  • Jika Anda sudah berhasil login, langkah selanjutnya silahkan pilih transfer. Menu ini berada pada halaman muka aplikasi OVO
  • Ketika Anda mengunjungi halaman muka, otomatis Anda dapat melihat tulisan “Upgrade Now” apabila sebelumnya belum pernah meng-upgrade ke Premier. Langsung klik saja tulisan tersebut.
  • Kemudian pilih menu upgrade online untuk melanjutkan mengupgrade ke versi Premier
  • Seperti biasa jika versi premium dari suatu aplikasi bila tidak diminta bayar maka Anda harus mengupload ID Card Anda seperti KTP, SIM, atau paspor
  • Jika Anda sudah mengupload KTP ataupun ID Card yang lain maka Anda harus berswafoto dengan memegang ID Card Anda di mana wajah dan foto pada ID Card sama-sama terlihat
  • Ikuti perintah yang terdapat pada aplikasi ini. Jika prosesnya selesai maka saat ini Anda sedang menunggu dari pihak OVO untuk memverifikasi
  • Apabila disetujui, maka Anda akan mendapatkan notifikasi
  • Ketika notifikasi persetujuan telah didapatkan Anda sudah dapat menggunakan berbagai fasilitas serta keuntungan yang disediakan oleh OVO

Ketika mengupgrade akun ke versi premium maka berikut adalah keuntungan yang bisa Anda raih:

  • Saldo OVO cash mencapai 10 juta rupiah
  • Bisa transfer ke sesama pengguna OVO maupun ke GoPay dan sebaliknya transfer GoPay ke OVO
  • Transfer ke rekening bank apapun bebas biaya
  • Berhak atas fitur OVO Invest dan OVO Budget

Setelah Anda mengetahui cara upgrade dari akun GoPay ke GoPay plus dan OVO ke OVO Premier, maka berikut adalah langkah-langkah transfer GoPay ke OVO.

Cara Mudah Transfer GoPay ke OVO

Cara Transfer GoPay Ke OVO
Cara Transfer GoPay Ke OVO

Langsung saja yuk kita bahas detailnya. Semua langkah dapat dilakukan secara online dan prosesnya akan selesai dalam waktu yang singkat. 

  1. Menyiapkan Aplikasi GoPay

Bila kedua akun telah diupgrade baik ke versi GoPay plus maupun OVO Premier, maka untuk melakukan proses transfer GoPay ke OVO, yang pertama bukalah aplikasi yang telah terinstal di ponsel Anda. Kemudian login dengan akun terdaftar.. 

  1. Pilih Menu Yang Sesuai

Pada tampilan awal, pengguna akan melihat beberapa menu yang tampil pada bagian atas halaman tersebut. Nah, pilihlah menu “Pay” yang telah tersedia. Klik dan lanjutkan ke langkah selanjutnya. 

Pilih menu “To Bank Account” dan ikuti dengan mengklik menu Instant “Transfer To A New Account”. Anda perlu mencari dan memilih bank CIMB Niaga Syariah agar dapat transfer GoPay ke OVO.

  1. Masukan Tujuan Transfer

Jika sudah memilih bank CIMB Niaga Syariah, maka nomor HP penerima harus dimasukkan. Bisa juga menggunakan nomor akun OVO yang dituju bila tidak menggunakan nomor HP untuk keperluan transfer GoPay ke OVO.

  1. Gunakan Kode Transfer Khusus

Jangan lupa memasukan kode transfer untuk OVO. kode transfer nya adalah 8099. Ketik nomor kode ini tepat sebelum nomor akun OVO dimasukan. 

  1. Verifikasi

Setelah Anda yakin memasukan kode dan nomor yang tepat, klik “Verify”. Selanjutnya dalam beberapa detik akan muncul nama ID OVO. Kalau akun yang ditampilkan sudah benar, maka klik “Continue”. 

  1. Tentukan Nominal Transfer GoPay ke OVO 

Masukkan nominal transfer yang perlu dilakukan. Nominal transfer minimal adalah sebesar 10.000 rupiah saja. Dengan batas minimal sekecil itu, tentunya banyak pengguna yang sangat terbantu. 

Terkadang, ketika akan melakukan transaksi, saldo kurang beberapa ribu rupiah saja. Dengan transfer sebesar 10.000 saja, maka transaksi selanjutnya dapat Anda lakukan dengan mudah sesuai kebutuhan saat itu. 

Pastikan transfer GoPay ke OVO nominal telah sesuai. Jika telah sesuai, maka sedikit lagi proses transfer akan selesai dan dana akan masuk ke akun OVO yang dituju.

  1. Masukan PIN

Verifikasi selanjutnya setelah jumlah nominal dimasukan adalah dengan memasukan PIN. Ini adalah verifikasi terakhir sebelum proses transfer GoPay ke OVO dilakukan. 

  1. Selesai

Setelah nomor PIN dimasukan, tinggal tunggu beberapa saat dan Anda akan diinformasikan bahwa transfer telah berhasil. Nah, selesai sudah proses transfer GoPay ke OVO.

Untuk lebih memastikan bahwa transfer GoPay ke OVO sukses dilakukan, tidak ada salahnya Anda juga mengecek ke aplikasi OVO. Pastikan apakah memang transaksi sudah benar-benar masuk. 

Jika saldo OVO sudah bertambah sesuai dengna nominal yang dimasukan, berarti memang transfer telah sukses. Tentunya saldo tersebut sudah dapat digunakan pada aplikasi OVO untuk melakukan pembayaran secara digital.

Di berbagai merchant, banyak sekali yang telah bekerja sama dengan kedua aplikasi ini. Menggunakan salah satunya dapat dilakukan. Namun ada juga sebagian merchant yang hanya bekerja sama dengan salah satu dari dua dompet digital ini.

Nah umumnya pengguna yang memiliki dua dompet digital ini sekaligus, akan menggunakan metode pembayaran yang lebih menguntungkan. Contohnya menggunakan GoPay akan dapat cashback 20% karena ada promo.

Di lain waktu, pada merchant yang lain, ternyata menggunakan OVO lebih menguntungkan karena adanya promo saat itu. Nah pengguna tentunya akan memilih menggunakan OVO saat itu. 

Jadi saat ini penggunaan dompet digital, memang dapat juga dijadikan trik untuk lebih menghemat keuangan. Sayangnya, seringkali kemudahan ini justru membuat pengguna lebih boros. Pengguna mudah sekali menghabiskan saldo karena tergiur promo. 

Menggunakan aplikasi GoPay maupun OVO saat ini merupakan salah satu pilihan kemudahan yang dapat dipilih. Terlebih proses transfer GoPay ke OVO memang telah dirancang sedemikian rupa untuk kemudahan penggunanya. 

Selain itu, upgrade tidak dikenakan biaya sepeserpun dan waktu yang diperlukan juga terhitung, maka tidak ada salahnya bagi Anda mengupgrade sehingga mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari kedua aplikasi dompet digital ini. 

Pengembangan kedua aplikasi yaitu GoPay dan OVO selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya. Salah satunya adalah kemudahan proses transfer GoPay ke OVO. 

Semakin mudah transfer GoPay ke OVO maupun ke dompet digital lainnya, tentu saja hal itu akan meningkatkan kepercayaan dan menjadi nilai plus tersendiri. Harapan dan kebutuhan para pengguna selalu digali oleh pihak pengembang.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan kedua aplikasi tersebut. Dengan survey yang dilakukan secara berkala, tentunya update selanjutnya akan menambah fitur dan kualitas pelayanan. 

Penutup

Pengguna baru akan berdatangan, sedangkan para pengguna lama akan semakin nyaman menggunakan fitur transfer GoPay ke OVO maupun dompet digital lainnya. Kemudahan dan faktor keamanan menjadi penentu kepopuleran GoPay dan OVO.